Makanan Yang Baik Untuk Pertumbuhan Anak


Para ahli gizi telah meneliti dan menemukan  menu makanan yang baik untuk perkembangan otak anak. Makanan ini memiliki banyak nutrisi yang diperlukan, dan sangat penting untuk pertumbuhan anak, makanan ini mampu mempengaruhi keterampilan kognitif dan perkembangan otak secara keseluruhan. Sarapan untuk anak sangat penting terutama saat mau berangkat kesekolah.

Sarapan yang ideal dapat memberikan protein dan karbohidrat kompleks, yang dapat membantu menjaga tingkat energi  yang baik untuk anak.

1. Buah Berrie Buah Stroberi dan blueberry kaya akan vitamin C, antioksidan, dan beberapa fitokimia utama. Zat-zat ini berguna menjaga sel-sel sehat dari kerusakan, dan menaikkan sistem daya tahan badan. kelompok buah ini dapat dipakai juga sebagai topping terhadap es krim, yoghurt, pancake, dan sereal. Tambahkan blueberry buat adonan pancake untuk menghasilkan blueberry pancake.

2. Telur Telur amat sangat tinggi protein dan nutrisi, dan telur merupakan salah satu makanan sumber kolin paling banyak, yakni vitamin penting yang membantu perkembangan otak. Telur mampu direbus, goreng , orak-arik, atau untuk menghasilkan omelet. juga dapat ditambahkan kedalam sup, bubur, saus, nasi dan mie, atau dibuat makanan penutup seperti puding.

3. Susu sapi murni Susu sapi merupakan sumber kalsium dan fosfor yang baik, merupakan jenis mineral yg utama terhadap membangun tulang dan otot usia anak-anak. memberi susu dgn lemak(jangan susu skim atau rendah lemak), apabila anak anda belum berumur dua tahun, kecuali anak kelebihan berat badan. Susu bagi sarapan yang cepat dan gampang, sajikan dgn sereal atau cookies, atau mengkombinasikan dengan buah-buahan.

4. Selai kacang Kacang banyak mengandung lemak tidak jenuh tunggal, terus sediakan vitalitas dan protein terhadap anak-anak. Namun, beberapa produk selai kemungkinan mengandung garam, gula, minyak sawit, dan lemak terhidrogenasi, yg mengurangi kualitas nutrisi.
5. gandum Serat dalam gandum berguna memelihara kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit . memberi anak sereal gandum dan biskuit gandum untuk camilan. Campur dengan beras lain seperti beras merah, nasi putih, atau roti putih agar enak.

6. Daging Daging kaya akan protein dan zat besi. zat besi bermanfaat guna memaksimalkan perkembangan dan fungsi otak, dan memberi dukungan system daya tahan tubuh anak. Pilihlah komponen daging yang lunak, dicincang atau dipotong kecil-kecil. Campur daging sapi cincang, ayam atau ikan dengan tahu, telur, remah roti, atau kentang tumbuk.

7. Ikan Ikan pula kaya akan protein, dan menunjang terhadap membentuk otot dan tulang yg sehat. Ikan berminyak seperti salmon, tuna, dan sarden, serta mengandung asam lemak omega 3 dalam jumlah tinggi, yang bermanfaat terhadap mendukung perkembangan mata, otak dan saraf. Campurkan daging ikan dgn nasi, tahu, atau kentang .

8. Keju Keju sangat banyak menyediakan protein, kalsium, fosfor dan vitamin D , maka keju sangat bagus pada pertumbuhan tulang yang sehat. Anak-anak rasanya lebih gemar keju dgn rasa yg ringan seperti keju mozzarella. Keju dapat diberikan pada anak dengan roti keju pada roti atau pizza, atau diparut dan ditaburkan atas pasta, nasi goreng atau mie.

9. Brokoli Brokoli sarat dengan vitamin, yang berguna bagi memaksimalkan perkembangan mata dan menghalangi kerusakan sel. Sayuran ini juga menyediakan banyak serat yang berguna meningkatkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit. apalagi brokoli menempati deretan awal sebagai sayuran yg paling bernutrisi sedunia Potong brokoli kecil-kecil. Sajikan bersama dips (dressing salad, saus keju, saus tomat atau saus wijen, atau taburi dengan keju parut di atasnya. anda juga dapat memanfaatkan brokoli atau sayuran sebagai topping pada pizza atau pada isi omelet.

10. buah-buahan dan sayuran yang berupa cerah Buah-buahan dan sayuran berupa cerah termasuk juga wortel, labu, ubi jalar, tomat dan buah pepaya, yg tinggi beta karoten dan karotenoid lain yg dapat diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. vitamin A sangat utama bagi kulit dan penglihatan yg baik, pertumbuhan anak, dan perbaikan jaringan tubuh. Buah sayuran sanggup diberikan pada anak untuk nasi, nasi tim, salad, dan lain-lain, pas kreasi anda

0 Response to "Makanan Yang Baik Untuk Pertumbuhan Anak"

Posting Komentar